Mengenal Bahan Kaos & Jenis Sablon

Agan agan pasti sering kan lihat orang2 yang nawarin atau jual kaos di internet, baik itu di forum atau di blog / website. Contohnya adalah saya ini , Nah saya sebagai penjual yang jujur  mau ngejelasin/mengenalkan tentang macem - macem bahan kaos dan jenis sablon yang gunakan untuk kaos. okey langsung aja !!

BAHAN KAOS
Katun Combed ( Nama inggrisnya = Cotton Combed ) 
Ini bahan yang paling bagus, No. 1  biasa di pakai oleh merek kaos international SPYDERBILT, NO FEAR, BILLABONG, GIORDANO, ESPRIT, dan merek-merk lokal seperti JOGER, C59, IEBE, DAGADU. Bahan katun 20’s & 30’s ini sangat umum dipakai para pelaku DISTRO CLOTHING.
  • Serat benang lebih halus.
  • Hasil Rajutan dan penampilan lebih rata.
Katun Carded ( Nama inggrisnya = Cotton Carded )
Kalau ini bahan kualitas No. 2,  nama lainnya bisa juga semi combed
  • Serat benang kurang halus dibandingkan combed.
  • Hasil rajutan dan penampilan bahan kurang rata dibandingkan combed.
Sifat kedua jenis bahan di atas bisa menyerap keringat dan tidak panas, karena bahan baku dasarnya adalah serat kapas.

TC ( Teteron Cotton )
Jenis bahan ini adalah campuran dari Cotton Combed 35 % dan Polyester ( Teteron ) 65%. Dibanding bahan Cotton, bahan TC kurang bisa menyerap keringat dan agak panas di badan. Kelebihannya jenis bahan TC lebih tahan ’shrinkage’ (tidak susut atau melar) meskipun sudah dicuci berkali-kali.
CVC ( Cotton Viscose )
Jenis bahan ini adalah campuran dari 55% Cotton Combed dan 45% Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat menyerap keringat.
Polyester atau PE
Jenis bahan ini terbuat dari serat sintetis atau buatan dari hasil minyak bumi untuk dibuat bahan berupa serat fiber poly dan yang untuk produk plastik berupa biji plastik. Karena sifat bahan dasarnya, maka jenis bahan ini tidak bisa menyerap keringat dan panas dipakainya.

JENIS BENANG
Pentingnya mengetahui tentang benang atas bahan kaos yang kita kehendaki adalah berkaitan dengan ketebalan atau gramasi bahan kaos itu sendiri.
1. Benang 20S
Biasanya dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos atara 180 sampai dengan 220 Gram/Meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt.
2. Benang 24S
Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 170 sampai dengan 210 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt.
3. Benang 30S
Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 140 sampai dengan 160 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 210 sampai dengan 230 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Double Knitt.
4. Benang 40 S
Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 110 sampai dengan 120 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 180 sampai dengan 200 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Double Knitt.

JENIS-JENIS SABLON
1. Rubber
Yang paling sering digunakan. Bisa untuk kaos berwarna gelap maupun terang karena sifatnya yang menumpang dan menutupi rajutan kain. Untuk sablon diatas dasar kain yg melar dibutuhkan cat rubber dengan ramuan khusus agar cat dapat mengikuti kelenturan kain dan berdaya tahan lama.
yang ini favorid agan-agan di FJB 
2. Pigmen
Ini cat yang biasa dipakai untuk kaos berwarna terang karena sifatnya yg menyerap kedalam kain.
3. Plastisol
Cat berbahan dasar minyak, dengan kemampuan istimewa untuk mencetak dot/raster super kecil dengan hasil prima. Tanpa limbah dan sangat irit. Sayangnya butuh invest yg banyak bila menggunakan cat ini karena untuk mengeringkannya dibutuhkan sinar infra merah.
4. Glow in the dark
Cat yg menyala saat kaos berada ditempat gelap. Bisa rubber, pigmen maupun plastisol.
5.Reflektif
Cat yang akan menyala jika kaos disinari oleh sebuah sumber cahaya. Dari 3M.
6. Discharge
Cat dengan kemampuan menipiskan/menghilangkan warna dasar kaos kemudian diisi dengan warna baru sesuai dengan kebutuhan.
7. Flocking
Cat dengan bentuk jadi seperti beludru.
8. Foam atau cat timbul
Di dunia garment international biasa disebut dengan puff print. Ada rubber, ada juga plastisol, tapi bentuk timbul keduanya berbeda.


Silahkan berkomentar lewat Facebook atau Blogger !!
Comments
5 Comments

5 komentar :

  1. mau bertanya ni gan,
    manakah yang bagus bahan cotton combed yang 20s, 24s, 30s.?
    tlg jelaskan yang detail yaa gan.

    BalasHapus
  2. ternyata itu toh bahan kaos jenis sablon :o
    newbie belajar ah ^_^

    BalasHapus
  3. Terima kasih gan infonya. lokasi usaha agan dmn nih?

    BalasHapus
  4. brp'a harga2 kaos sablon'a gan..?

    klo aku pesen'a kaos'a ajh bisa gak..?

    Trim's

    BalasHapus
  5. Kasih tutor sablonnya donk gan..biar makin jelas...
    Sorry pemula nie

    BalasHapus
Kalo mau komentar pake emoticon KASKUS
Silahkan copy kode disampingnya ya gan..
:) :D :thumbup :2thumbup :iloveindonesia :ilovekaskus :kiss :genit :marah :berduka :najis :malu :ngakak :repost :sup2: :batabig :takut :ngacir :shakehand :bingung :cekpm :capedeh :hammer :peluk :cendol :hoax :selamat :matabelo :mewek :request :sorry :salahkamar :rate5 :cool :sup: :kbgt :nohope

Follower

 

Update Terbaru Ke Emailmu Langsung :

Delivered by FeedBurner

Stats

Template Ini di Modifikasi Oleh Powered by Blogger




...................:: Kami memproduksi berbagai Kaos / T-shirt dengan tema IT, Linux, Geek, Internet, Hardware, Software, Komunitas, DLL ................... Silahkan Pilih Produk Kami ................... Untuk Cara Pemesanan, KLiK di Menu Cara Pembelian ! ................... Terima kasih Sudah Mau Berbelanja di Kami ::...................